5 Alasan Mengapa Rumah Harus Selalu Bersih Dan Rapi

“Wah rumahnya bersih dan rapi ya…!”

Bagaimana perasaan anda ketika mendapat komentar seperti di atas? Tentu senang. Rumah yang bersih dan rapi memang membuat nyaman, tidak hanya bagi para penghuni tetapi juga tamu yang datang. Namun, terkadang karena faktor kesibukan atau rasa malas, kita enggan untuk membersihkan rumah sehingga jadi terlihat kotor. Padahal ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, diantaranya:

Rumah Bersih

1.Perasaan Nyaman, Tenang & Betah

Kondisi rumah yang bersih akan membuat suasana hati jadi lebih tenang, nyaman dan yang pasti jadi betah di rumah. Bayangkan saja jika seandainya kotor, tentu tidak nyaman untuk ditempati dan dilihat. Kalau sudah begini, perasaan ingin tinggal lama di rumah tentu berkurang alias tidak betah. Untuk itulah, sebaiknya bersihkan rumah secara berkala. Jika tidak mampu setiap hari, 2-3 kali seminggu juga boleh. Kita bisa mulai membersihkan rumah dari menyapu lantai, mengepel, membersihkan debu pada perabotan, mencuci piring dan mengganti gorden. Oya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan kamar mandi dan WC, jika septic tank mulai penuh, maka saatnya untuk menyewa jasa sedot WC , bersihkan pula bak penampungan air agar terhindar dari kotoran.

2.Terhindar Dari Penyakit

Coba pikirkan, ada berapa banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan tidak sehat? Penyakit seperti DBD, diare, penyakit kulit, asma, malaria adalah sebagian penyakit yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat. Tentu kita tidak ingin sakit bukan?! Inilah alasan lainnya yang mengharuskan untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah. Ya, karena rumah merupakan lingkungan sekitar yang paling dekat dengan kita.

3.Keadaan Rumah Mencerminkan Pemiliknya

Jika ingin mengetahui bagaimana karakter seseorang, lihat bagaimana tempat tinggalnya. Kalimat ini mungkin ada benarnya juga. Biasanya, orang yang menyukai kebersihan dan kerapian, akan selalu berusaha untuk membuat disekitarnya jadi bersih dan rapi, terlebih rumah sendiri. Jadi, jika ingin tahu lebih jauh tentang karakter seseorang, bisa mencoba untuk berkunjung ke rumahnya lalu lihat bagaimana kondisi rumah tersebut.

Selain perlu memperhatikan kebersihan lingkungan, pada bagian-bagian rumah juga tidak boleh dilupakan seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi dan WC. Untuk kamar tidur, sangat perlu untuk dibersihkan setiap hari, begitu pula dengan dapur terlebih jika setiap hari melakukan aktivitas memasak. Untuk bagian kamar mandi dan WC, sebaiknya kuras kolam penampungan air seminggu sekali, perhatikan juga penampungan kotoran pada WC, jika sudah lama tidak dikosongkan, ada baiknya untuk melakukan sedot WC.

4.Menjalankan Perintah Agama

Bagi yang muslim, pasti sudah sangat mengenal kalimat “Kebersihan sebagian dari iman”. Ini artinya bahwa masalah kebersihan sangat erat kaitannya dengan kehidupan beragama. Lihat saja bagaimana seorang muslim diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum sholat. Ini tidak lain untuk menjaga kebersihan anggota tubuh, jika dilihat secara lahiriah. Sederhananya, apabila kita menerapkan pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan, baik kebersihan rumah, lingkungan dan tubuh, maka kita sudah turut melaksanakan perintah agama. Khususnya yang beragama islam.

5.Agar Tidak Malu

Tamu bisa datang kapan saja, entah itu teman atau keluarga. Kita tentu tidak ingin merasa malu karna dinilai sebagai orang yang malas ketika tamu melihat rumah kita kotor. Ya, inilah manfaatnya kenapa kita harus rajin membersihkan rumah, tidak peduli sesibuk apapun. Jika tidak sempat atau merasa repot melakukannya sendiri, bisa menyewa jasa orang lain untuk membersihkan rumah. So, tidak ada alasan untuk rumah kotor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *