Bagaimana Cara Investasi Yang Efektif Untuk Bayar Uang Muka Rumah?

Bagaimana ya cara investasi yang efektif agar bisa segera bayar uang muka rumah? Sekarang ini ada banyak cara untuk mempersiapkan uang muka kredit rumah, apakah kamu sudah mulai menyiapkannya.

kamu tentu pastinya tahu bahwa rumah atau tempat tinggal adalah kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Harga beli rumah atau tempat tinggal boleh dibilang cukup mahal, khususnya di beberapa kota di Indonesia. Untungnya ada produk perbankan yang disebut dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), bank akan memberikan fasilitas pinjaman untuk membeli rumah yang kita inginkan. Namun kita juga tetap perlu usaha lho, yaitu menyiapkan uang muka sebesar 20% – 30%.

Beli Rumah

Berikut ini panduan untuk berinvestasi yang efektif untuk bayar uang muka rumah :

  • Mulai mencari tahu data harga rumah saat ini.
  • Hitung berapa uang muka rumah saat ini dan proyeksi kenaikan harga.
  • Mulai berinvestasi dan menambah penghasilan.
  • Review berkala hasil investasi, agar tetap sesuai dengan rencana.
  • Jangan lupa pastikan kondisi kredit kamu juga tetap sehat.

Mari kita bahas satu persatu dan semua cara ini dapat kamu praktekkan secara online. Ya sekarang teknologi sudah makin canggih, kamu dapat menggunakan internet untuk membantu kamu, mewujudkan rumah impian.

  • Mulai mencari tahu data harga rumah saat ini

Tugas pertama adalah melakukan riset awal, berapa harga beli rumah yang ingin kamu beli. Silahkan cek berbagai website property Tips untuk rumah pertama.

  1. beli rumah yang sesuai dengan kebutuhan utama (pasangan dan anak), jangan memikirkan kamar tamu.
  2. idealnya jarak rumah ke tempat kerja dan sekolah (TK, SD, SMP) tidak terlalu jauh.
  3. cari lokasi yang bebas banjir dan dekat akses tol.
  4. cari beberapa kandidat rumah idaman dan luangkan waktu untuk riset tempatnya.
  5. ajak pasangan kamu untuk berdiskusi mengenai rumah pertama.
  • Hitung berapa uang muka rumah saat ini dan proyeksi kenaikan harga

Setelah mengetahui harga rumah idaman kamu, saat ini silahkan hitung berapa besaran uang muka yang harus disiapkan. Misal harga rumah yang ingin kamu beli adalah Rp 1.000.000.000. Katakanlah kamu akan menyiapkan uang muka sebesar 30%. Maka uang muka yang harus disiapkan saat ini adalah 30% x Rp 1.000.000.000 = Rp 300 juta.

Pertanyaan selanjutnya adalah: kapan kamu akan membeli rumah tersebut? Besok, tahun depan, 2 tahun lagi atau 5 tahun lagi? Jika kamu membeli di tahun ini juga, maka besar kemungkinan tidak akan terjadi kenaikan harga. Jika kamu membeli beberapa tahun ke depan, kemungkinan besar harga rumah akan mengalami kenaikan.

  • Mulai berinvestasi dan menambah penghasilan

Saatnya kamu mulai berinvestasi dan sebisa mungkin menambah penghasilan. Biasanya tujuan-tujuan keuangan jangka menengah dan panjang akan terasa berat di awal, namun jika sudah berjalan semuanya menjadi tidak terlalu berat. Tugas kamu berikutnya adalah mencari produk investasi apa yang dapat mengejar target hasil investasi 10% per tahun (sesuaikan dengan perhitungan). Sebenarnya angka 10% adalah angka yang realistis, karena ada banyak produk pasar modal di Indonesia yang berpotensi menghasilkan keuntungan 10% per tahun.

kamu dapat mempertimbangkan beberapa jenis investasi, seperti: investasi reksa dana online, investasi saham dan beberapa surat utang pemerintah (ORI, SBR, SUKRI, Sukuk Tabungan). Sekarang ini ada beberapa website p2p lending, yang menawarkan investasi online dengan hasil yang bagus. Tapi kamu harus ingat bahwa hingga saat artikel ini ditulis, investasi di p2p lending tidak diawasi oleh OJK.

Sebelum berinvestasi pada produk-produk keuangan, pastikan kamu menginvestasikan waktu kamu pada pendidikan. Pelajari terlebih dahulu cara kerja produk investasi yang ingin kamu beli. Seseorang yang membeli produk investasi tanpa pengetahuan apa-apa (dan berharap mendapatkan keuntungan besar) itu artinya berjudi. Kami sarankan investasi bukan berjudi.

  • Review berkala hasil investasi, agar tetap sesuai dengan rencana

Lakukan review berkala mengenai hasil investasi dan dana yang telah tersedia. Pastikan agar rencana kamu tetap berjalan dan kamu dapat segera menyiapkan uang untuk DP kredit rumah idaman. Ada kalanya investasi tidak sesuai dengan rencana awal, maka kamu perlu melakukan pengecekan dan penyesuaian.

  • Jangan lupa pastikan kondisi kredit kamu juga tetap sehat

Ingat uang muka adalah awal untuk KPR dan selanjutnya kamu perlu menggajukan KPR. Oleh sebab itu kamu harus menjaga kondisi kredit kamu agar selalu sehat. Misal kamu selalu bayar tepat waktu dan selalu bayar lunas tagihan kartu kredit. kamu juga memiliki catatan mutasi rekening (uang masuk dan uang keluar) di bank.

Memang Bukan Pekerjaan Semalam Jadi, Nikmati Prosesnya dan Segera Wujudkan Rumah Idaman kamu. Harus diakui perencanaan keuangan, termasuk proses menyiapkan uang muka rumah ini bukanlah pekerjaan semalam jadi. Namun bukan berarti kamu harus menyerah. Selalu ada jalan untuk orang yang mau memperjuangkannya.  Semoga ulasan informasi diatas bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik. Selamat mencoba dan segera wujudkan rumah idaman kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *