Cara Tepat untuk Mengatasi Keterlambatan Bayar Iuran BPJS

Sebagai peserta atau anggota BPJS, maka akan memiliki kewajiban untuk membayar tagihan iuran pada setiap bulannya sesuai dengan kelas yang dipilihnya. Sedangkan untuk melakukan pembayaran pada iuran yang diwajibkan ini pun harus dilakukan sebelum tanggal 10 pada setiap bulannya, sehingga haruslah diperhatikan dengan baik bagi para anggotanya agar tidak terlambat dalam melakukan pembayarannya, karena apabila Anda terlambat bayar iuran BPJS , maka Anda pun juga akan diberhentikan atau dinonaktifkan menjadi anggota BPJS.

Bayar Iuran BPJS 2018

Sedangkan dalam hal memilih kelas itu sendiri pun juga dapat disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh para peserta. Sehingga pastikan bahwa Anda memilih jenis kelas yang sesuai pada kemampuan Anda agar Anda tidak terlambat membayarnya dengan alasan biaya tagihan yang harus Anda bayarkan terlalu tinggi. Sehingga jangan salah dalam memilih jenis kelas yang nantinya akan Anda pilih. Bagi Anda yang sudah terlanjur terlambat dalam melakukan pembayarannya, maka Anda dapat untuk mengikuti pada beberapa langkah-langkah yang ada di bawah berikut.

Apabila peserta tidak membayar tagihan iuran dengan tepat waktu sesuai pada jatuh tempo maka hal ini untuk status kepesertaannya pun akan dinonaktifkan. Sedangkan untuk mengaktifkan kartu BPJS Anda itu pun harus melunasi pada tunggakan iuran yang belum Anda bayarkan. Sedangkan apabila Anda tidak ingin diribetkan bila harus datang ke kantor BPJS langsung untuk mengaktifkan kartu BPJS yang sudah dinonaktifkan, maka pastikan bahwa Anda bayar iuran BPJS dengan tepat sebelum jatuh tempo pembayaran.

Inilah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai pembayaran iuran BPJS, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Jatuh tempo pembayaran.

Jatuh tempo pembayaran iuran pun ditetapkan pada tanggal 10 setiap bulannya. Sedangkan apabila pada tanggal 10 adalah hari libur maka Anda dapat membayarnya sebelum tanggal 10.

  1. Apabila terlambat membayarnya.

Apabila Anda terlambat membayar tagihan iuran yang sudah ditetapkan, maka kartu kepersertaan Anda pun akan dinonaktifkan atau akan dihentikan, dan akan diaktifkan kembali apabila tagihan iuran dibayar lunas.

  1. Cara mengaktifkan kartu BPJS yang terlambat.

Bagi Anda yang memiliki kartu BPJS yang diberhentikan akibat tidak membayar sesuai dengan peraturannya, maka Anda dapat untuk mengaktifkannya kembali dengan cara membayarkan seluruh tunggakan yang belum Anda bayarkan dan untuk maksimal 12 bulan tunggakan.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa untuk sekarang ini pun tidak ada lagi denda bagi masyarakat anggota BPJS yang terlambat dalam melakukan pembayarannya, akan tetapi peserta akan didenda dengan membayar rawat inapnya. Namun alangkah baiknya jika Anda tetaplah menjadi peserta atau anggota BPJS yang bijak dan pandai dengan cara membayar tagihan iuran secara rutin pada setiap bulannya sebelum tanggal 10, maka hal ini pun tidak akan memberatkan diri Anda karena harus membayarkan seluruh tagihannya apabila Anda akan mengaktifkan kartu BPJS Anda kembali.

Dengan ulasan yang ada di atas maka Anda dapat untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai pembayaran BPJS. Bagi Anda yang terlambat dalam bayar iuran BPJS, maka tidak perlu merasa khawatir lagi, karena Anda tetap bisa untuk mengaktifkannya kembali dengan cara yang seperti pada ulasan di atas. Sedangkan kesehatan pada diri seseorang pun tidak ada yang mengetahuinya, oleh sebab itulah agar kesehatan Anda tetap terjaga dan terjamin dengan baik maka rutin dan bijaklah dalam membayar pada setiap tagihan yang dibebankan kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *